MEMBANGUN SPIRITUALITAS ANAK

Diposting oleh Buletin Ar-Risalah | 1/08/2009 | | 0 komentar »

Oleh : Ummi Hadirafika


Melihat kondisi lingkungan & perubahan zaman yang begitu cepat seperti saaat ini, diperlukankerja keras para orang tua untuk mendampingi putra – putrinya agar mereka tetap seperti harapan orang tua.

Membangun spiritual anak haruslah dilakukan secara terus menerus dengan berkelanjutan. Sebagaimana perintah Allah untuk menjaga diri dan keluarga kita dari siksa api neraka. Itu bisa dikakukan sejak usia dini, semakin dini sudah di kenalkan dengan dengan ritual dan budaya ibadah akan semakin baik bagi anak nantinya.
Sering mengajak mereka ke masjid & gemar silaturrahmi sekaligus memberikan informasi tentang kewajiban untuk memakmurkan masjid. Bila hal itu telah kita mulai pada anak – anak kita mulai maka tahap selanjutnya adalah mengantarkan mereka pada pemahaman untuk Istiqomah melaksanakannya. Saling berlomba – lomba dalam kebaikan dapat kita jadikan motivator & penyemangat dalam beramal dan beribadah.
Demikian harus terus kita lakukan, ibrat tanaman haruslah dipupuk, disiram & digemburkan tanahnya agar sempurna pertumbuhannya. Demikian dengan pendidikan anak – anak kita, memberi apresiasi positif atas ibadah yang dilakukakannya. Memberikan alternatif dan solusi bila ia menemui kesulitan, sehingga nantinya semangat beribadah dan bermal sholeh. Untuk itu kita sebagai orangtua haruslah disertai kepasrahan kita kepada Allah agar senantiasa terlibat dalam proses pendidikan anak – anak kita. Laa haula walaa Quwata illa billah..


0 komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template