HIJRAH PILAR KEMENANGAN

Diposting oleh Buletin Ar-Risalah | 1/08/2009 | | 0 komentar »

Oleh Gus Syahri
“ Hai orang – orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dab jiwa, adalah lebih tinggi derajatnya disisi Allah dan mereka itulah orang – orang yang mendapat kemenangan” (QS At Taubah: 20)

Salah satu pilar kemenangan dalam hidup adalah Hijrah. Di samping hijrah dan jihad Hijrah adalah teladan Rosulullah SAW yang telah hijrah dari Makkah ke Madinah untuk membentuk komunitas muslim yang taat kepada Allah SWT, serta membentuk masyarakat islam yang di ridhoi oleh- Nya.
Semangat hijrah ini pula yang menyemangati khalifah Umar bin Khttab R.A menandai dimulainya kalender islam atau Hijriah. Dengan Hijrahnya Nabi SAW itu yang kita kenal sampai saat ini.
Dengan semangat Hijrah, kaum Muslimin (Makkah) berbondong bondong meninggalkan Makkah menuju kota Yatsrib (Madinah) untuk memenuhi perintah Allah SWT dan Rosulnya. Hijrah meninggalkan harta benda mereka masing – masing dan dengan pertaruhkan nyawa karena berhadapan kaum kafir Quraisy Makkah saat itu menghalangi mereka . Walaupun begitu mereka tidak gentar menghadapai rintangan, ujian dan cobaan demi meraih cita – cita, meraih kemenangan yaitu tegaknya dienul Islam di negeri yang baru (Madinah). Dan akhirnya mereka disambut hangat oleh kau Anshar sesampainya di Madinah.
Dari sepenggal kisah hijrah ini, dapat kita ambil hikmahnya bahwa Hijrah itu sangat penting dalam meraih kemenangan hidup yang lebih baik. Dengan Hijrah Allah SWT akan memberikan jalan kemenangan baik di dunia maupun di akhirat.
Untuk itu ditahun 1430 hijriah ini, mari kita berhijrah. Hijrah dari perilaku maksiat kepada taat, dari tidak berjilbab menjadi mau berjilabab, bagi wanita menjadi rajin sholat dari yang malas sholat. Niatkan hijrah kita semata - mata karena Allah. Karena niat yang benar akan menuntun kita kejalan yang di ridhoi Allah SWT.
Ditahun baru hijriah ini semoga kita dikuatkan iman, dikokohkan keyakinan, diberikan semangat jihad. Untuk selalu berada di jalan Nya.........Amin ya Robbal Alamin. Wallahua’lam. (ARS)


0 komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template