KAJIAN UTAMA

Diposting oleh Buletin Ar-Risalah | 10/06/2008 | | 0 komentar »

DAMAIKAN HATI DENGAN SILATURRAHMI
Oleh : Gus Syahri


Silaturrahim atau lebih dikenal dengan silaturrahmi adalah berarti kasih sayang. Dalam kehidupan di dunia ini sangatlah diperlukan yang namanya kasih sayang tersebut. Begitu juga dengan menyikapi alam dan lingkungan disekitar kita yang semuanya itu diperlukan sifat saling menyayangi.
Saat bulan syawwal seperti sekarang ini, banyak kita jumpai dimana – mana kaum muslimin satu sama lain saling bersilaturrami, saling bermaaf – maafan, saling mengunjungi sanak famili, sahabat karib, kerabat dan tetangga. Hal ini menjadi pemandangan yang sangat menyejukan ditengah – tengah kesenjangan sosial yang selama ini terjadi.
Dari mulai rakyat biasa, pejabat pemerintah, instansi pemerintah maupun swasta, sampai kepala negara tak mau ketinggalan, ikut merayakan Iedul Fitri ini dengan bersilaturrahmi. Mereka berlomba – lomba untuk menjadikannya sebagai momen yang tepat untuk kembali membangun ukhuwah islamiyah. Merajut kembali tali persaudaraaan yang terputus, merapatkan hubungan yang renggang dan lebih memupuk tali persaudaraan.
Hal ini juga ditegaskan dalam sabda Nabi Muhammad SAW. “ Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan di panjangkan umurnya maka peliharalah hubungan silaturrahmi ” (H.R. Bukhori & Muslim ).
Itulah pesan Nabi kepada para sahabat dan juga ummatnya agar tetap bersilaturrahmi, karena dengan silaturrahmi akan terjalin rasa kasih sayang serta menambah panjang umur dalam arti selalu berbuat baik kepada sesama agar mendatangkan bantuan dan pertolongan dari Allah SWT.
Saat kita mendapatkan kesulitan dan berbagai problem kehidupan dengan memperbanyak silaturrahmi maka rahmat Allah akan turun menaungi hidup kita. Demikianlah dapat kita pahami betapa pentingnya arti silaturrahmi, sebagai kunci di bukanya rahmat dan pertolongan Allah SWT. Semoga dengan silaturrahmi ini menjadi alat mempersatukan ummat, membangkitkan kasih sayang yang layu, mendamaikan hati beku dan memperluas rezeki. (iks)

0 komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template