HIKMAH

Diposting oleh Buletin Ar-Risalah | 9/03/2008 | | 0 komentar »

Bangun Kesalehan Sosial Di Bulan Ramadhan
Pada waktu musim paceklik dimasa pemerintahan Abu Bakar As Shidiq r.a, banyak orang yang tengah menderita kelaparan. Di tengah kesulitan yang menderita rakyatnya tersebut, Abu Bakar mengatakan “ Sabarlah kalian, besok pagi akan datang khalifah Utsman bin Affan membawa bahan makanan yang melimpah, pasti kalian akan kebagian darinya.”
Terbukti benar pernyataan Abu Bakar, Esok harinya, khalifah yang dimaksud itu datang. Pedagang – pedagang Madinah berkerumunan dengan mengajukan penawaran yang sangat menggiurkan, yang biasanya dijual 10 ditawar 12 sampai 15. tetapi Utsman bin Affan menyampaikan bahwa sudah ada yang menawar dengan memberi keuntungan sepuluh kali lipat. Pedagang – pedagang itu terheran – heran dan menyampaikan bahwa mereka ini adalah pedagang – pedagang Madinah yang terkenal. Siapa gerangan pedagang seberani itu melambungkan penawaran? Utsman menjawab bahwa Allah SWT yang telah menawarnya. Berdasarkan Al Qur’an surat Al An’am: 160 yang artinya:
“ Barang siapa yang membawa amal yang baik, akan dibalas dengan sepuluh kali lipat dari amalnya itu.”
Pedagang – pedagang itu mundur , lalu Utsman bin Affan bereru sebagai persaksian, “ Ya Allah, akan kuserahkan barang – barang ini kepada orang – orang miskin di Madinah tanpa bayar dan tanpa perhitungan.”
Untuk itulah dibulan Ramadhan seperti sekarang ini sangat tepat jika kita meneladani sosok Utsman bin Affan, membantu dan meyelamatkan saudara – saudara kita yang kekurangan, yang masih membutuhkan uluran kepedulian kaum aghniya (kaya).
Kita bangun kesalehan sosial sebagai wujud ‘empati’ dan peduli kepada rakyat miskin. Yang tidak semakin berkurang tapi justru makin bertambah jumlahnya. Lebih – lebih jika harga – harga kebutuhan pokok terus melonjak naik, dipastikan rakyat miskin akan semakin bertambah berat beban hidupnya.
Karenannya tidak ada salahnya jika kita, dibulan Ramadhan yang mulia ini mau berbagi kepada mereka. Ikut menggembirakan mereka, sehingga harta yang kita berikan akan menjadi berkah da mendapatkan kunci syurga.
Nabi SAW pernah berpesan kepada Aisyah R.A.
“ Wahai Aisyah, cintailah orang – orang miskin dan akrablah dengan mereka, supaya Allah pun akrab juga dengan engkau pada hari kiamat.”
Dan kepada kita, Nabi berwasiat “ Segala sesuatu itu ada kuncinya, dan kunci surga adalah mencintai orang – orang miskin.”. (Abu Rosyida)

0 komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template