KOLOM

Diposting oleh Buletin Ar-Risalah | 9/01/2008 | | 0 komentar »

Zakat Mengentas Kemiskinan Ummat
Ust. H. Abdul Karim Hasan

Jika ada sebuah pernyataan yang disampaikan bahwa pengumpulan dana zakat, infak dan shodaqoh berkaitan dengan aktifitas pendanaan terorisme, seperti yang pernah dimuat Republika (9/06/08). Hal itu sungguh sangat menyinggung perasaan ummat islam dan bangsa Indonesia secara keseluruhan . apalagi jika pernyataan tersebut lebih di dasarkan pada prasangka pribadi tanpa bisa dibuktikan dengan data dan fakta yang sebenarnya.


Inilah pentingnya sosialisasi mengenai zakat, infak dan shodaqoh (ZIS) kepada masyarakat dan ummat agar dapat memahami peran zakat bagi kepentingan ummat, sehingga tidak akan ada lagi ucapan atau pernyataan senada di lain waktu.
Imam Zuhri berkirim surat kepada Umar bin Abdul Azis tentang penempatan sunah dalam urusan zakat, sebagian untuk yang piku dan lumpuh, sebagian untuk si miskin yang sakit, yang tidak mapu bekerja, sebagian untuk si miskin yang meminta dan membutuhkan makanan, sebagian lagi untuk si miskin yang datang ke masjid – masjid, yang tidak mempunyai pekerjaan dan gaji serta penghasilan yang mencukupi, sebagian lagi untuk yang fakir yang mempunyai hutang bukan untuk maksiat dan lain sebagaunya.
Begitulah zakat yang banyak menyangga problematika ummat khususnya untuk mereka para dhuafa, fuqara dan masakin.
Zakat tidak hanya meratakan kesejahteraan sosial, menjadi jembatan antara si kaya dengan si miskin, lebih dari itu zakat mampu mengentaskan kemiskinan ummat dari kefakiran , kebodohan, ketertinggalan dan keterbelakangan, yang semuanya itu menjadi problem yang harus di pecahkan bersama – sama.
Terkait dengan waktu berzakat, Allah tidak membatasi dibulan suci Ramadhan saja, tapi juga diluar bulan Ramadhan.

“ Sucikan harta dan jiwa dengan Zakat, karena dengan zakat itu harta menjadi berkah dan melimpah.”

“ Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdo’alah untuk mereka, sesunguhnya do’a kamu itu menjadi ketentraman jiwa bagi mereka dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui .” (Q.S At Taubah 103)


0 komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template