AMALAN UTAMA

Diposting oleh Buletin Ar-Risalah | 9/01/2008 | | 0 komentar »

Amalan Utama Bulan Ramdhan

Khusus di bulan Ramadhan, Allah benar – benar mencurahkan rahmat dan kasih sayangnya kepada kita sehingga dilipat gandakanlah pahala ibadah kita berpuluh – puluh kali dibanding amalan yang dilakukan di bulan yang lian. Berikut beberapa amalan yang sangat ditekankan dalam bulan Ramadhan:

1. Meningkatkan kualitas Shalat Fardhu
Pahala shalat fardhu di bulan Ramadhan akan dilipat gandakan menjadi 70 kali lipat dibanding shalat fardhu di bulan lain. Alangkah sayangnya jika tidak kita lakukan secara benar dan khusyu’,disamping tidak mendapatkan pahala yang berlipat juga tidak akan membawa perubahan pada diri kita.
2. Memperbanyak amalan Sunnah
Barang siapa mengerjakan amalan sunnah di bulan Ramadhan akan dinilai pahalanya seperti amalan wajib di bulan – bulan yang lain. Diantara amalan sunnah yang lain adalah meringankan beban orang lain, yang mana Allah menjanjikan akan meringankan (mempermudah) pemeriksaannya nanti di hari kiamat.
3. Memberi Ta’jil Orang yang Berpuasa.
Secara khusus Rosulullah menyampaikan tetang pahala orang yang memberi buka puasa. Nabi SAW bersabda “ Barangsiapa memberi makanan berbuka untuk seorang yang berpuasa, maka baginya sepadan pahala orang itu, hanya saja tanpa mengurangi pahala orang yang puasa itu sama sekali.” (H.R Turmudzi)
4. Menyegerakan Berbuka dan Mengakhirkan Sahur.
Begitulah kasih sayang dan kemurahan Allah pada hamba Nya yang memang tahu persis kelemahan dan kecenderungan manusia. Sehingga apa yang menjadi hak hamba – Nya (berbuka) dapat segera dirasakan, dan sebalikya apa yang menjadi hak- Nya diakhirkan. Bahkan Allah memberikan kebaikan dan keberkahan kepada orang yang menyuegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur.
5. Shalat Tarawih atau Shalat Malam.
Dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad : “ Allah ‘Azza wajalla mewajibkan puasa Ramadhan dan Aku mensunnahkan shalat di malam harinya. Barangsiapa berpusa dan shalat malam dengan mengharap pahala (keridhaan) Allah, maka dia keluar dari dosanya seperti bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya.”
6. Memperbanyak Membaca Al – Qur’an.
Bulan Ramadhan merupakan bulan pertama kali diturunkannya Al – Qur’an yang merupakan petunjuk bagi manusia. Pada setiap malam Ramadhan, Malaikat senantiasa datang menemui Rosulullah untuk mengulangi kembali ayat – ayat Al Qur’an.
7. Melakukan I’tikaf di Akhir Ramadhan.
Pada sepuluh malam terakhir Ramadhan, terdapat satu malam yang lebih baik dari amalan seribu bulan,tak seorangpun dapat memastikan pada malam keberapa Lailatul Qodar itu turun, oleh karena itu kita harus menghidupkan sepuluh malam tersebut untuk memperoleh Lailatul Qodar tersebut.
8. Melaksanakan Umrah.
Bagi yang dikaruniai Allah rezeki yang cukup dan mempunyai kelonggaran waktu, maka sebaiknya disempatkan untuk menunaikan umrah, karena umrah yang dilakukan pada bulan Ramadhan sama nialanya dengan Haji .
9. Meninggalkan Hal – hal yang merusak Puasa.
Rosulullah SAW bersabda dalam haditsnya “ Shaum (puasa) itu bukan semata – mata menahan diri dari makan dan minum, akan tetapi juga dari perbuatan sia – sia dan kotor. Maka jika seseorang memarahimu atau menjahilimu, katakanlah bahwa aku sedang berpuasa, aku sedang berpuasa .(HR.Ibnu Khuzaimah, Al Haki, dan Ibnu Hibban)
10. Memperbanyak berdo’a
Ramadhan merupakan saat – saat yang paling mustajabah untuk berdo’a, karena saat itu kondisi ruhami kita berada dalam puncak kualitasnya. Permulaan Ramadhan adalah Rahmat, pertengahnnya adalah ampunan dan akhirnya pembebasan dari api neraka, maka berdo’alah untuk mendapatkan itu semua.

0 komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template