KOLOM

Diposting oleh Buletin Ar-Risalah | 12/15/2008 | | 0 komentar »

NAPAK TILAS PENDIDIKAN IBRAHIM
Oleh : M. Arief Fathur.R.


Ibrahim seorang sosok Nabiyullah yang banyak mengukir sejarah dalam kancah peradapan ummat. Kiprah yang riil sebagai seorang pendidik generasi, mampu menghantarkan generasinya menjadi generasi rabbani. Tidak dipungkiri sejarah telah mencatat, aktifitas pendidikan yang telah diterapkan oleh seluruh ummat islam sampai akhir zaman.


Langkah pertama yang diterapkan Ibrahim kepada generasinya adalah menciptakan dan memiliki lingkungan yang kondusif untuk proses pendidikan dari kesyirikan . dan ingatlah ketika Ibrahim berkata “ Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Makkah) negeri yang aman, dan jauhkan aku berserta anak cucuku daripada menyembah berhala - berhala, Ya Tuhanku sesungguhnya berhala - berhala itu telah menyesatkan kebanyakan daripada manusia, maka barangsiapa yang mengikutiku, maka sesungguhnya orang itu termasuk golonganku, dan barangsiapa yang mendurhakai aku, maka sesungguhnya engkau , maha pengampun lagi maha penyayang . Ya Tuhan kami sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam - tanaman didekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati , Ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan sholat, maka jadikan sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah - buahan., mudahan - mudahan mereka bersyukur.”
Lembah bakah tempat penggododkan spiritual generasi, dipilih bukan karena untuk menyengsarakan kehidupan anak cucu, akan tetapi agar generasi yang di didik langsung kehidupan dengan realitas kehidupan yang harus dihadapinya. Sehingga mereka bukan sebagai orang yang bermental lemah, cengeng dan manja, bahakn generasi yang menjadi beban dikemudian hari.
Pola pendidikan yang diterapkan Ibrahim merupakan jawaban dan solusi dari permasalahn sistem yang tidak pernah tuntas mengangkat problem kehidupan. Permasalahan yang paling mendasar dari pendidikan adalah bagaimana meningkatkan keterpaduan yang harmonis antara aspek kecerdasan Spiritual (SQ), kecerdasan Emosi (EQ), kecerdasan Intelektual (IQ) dan kecerdasan Fisik(FQ).
Semua aspek tersebut harus berjalan sesuai dengan fitrahnya masing - masing dengan sentuhan yang seimbang. Apbila pendidikan tdak mampu mengembangkan aspek tersebut, maka akan terjadi ketimpangan dalam perilaku generasi yang di telorkan, yang pada akhirnya mereka tak mampu manjadi pribadi yang utuh. Naudzubillah.........Wallaju a’lam bis Showab.

0 komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template