KAJIAN UTAMA

Diposting oleh Buletin Ar-Risalah | 12/15/2008 | | 0 komentar »

TELADAN SEPANJANG ZAMAN
Oleh Gus Syahri


Tak ada sikap ragu dan gentar dalam diri Ismail AS, ketika Allah SWT memerintahkan agar ia mengorbankan dirinya. Melalui perintah mimpi yang di dapatkan dari ayahnya Nabiyullah Ibrahim AS. Sikap Ismail itu adalah cermin ketaatan orang beriman yang sabar dan ikhlas dalam menerima perintah Tuhan - Nya.


Hal ini difirmankan Allah SWT dalam Al - Qur’an :
Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama - sama Ibrahim, Ibrahim berkata ‘ Hai Anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu, maka fikrikanlah apa pendapatmu’ ia menjawab “ Hai bapakku kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, Insyaallah kamu akan mendapatiku termasuk orang - orang yang sabar.” (QS. As Shafat:102).
Sifat taat dua hamba pilihan Allah ini (Ibrahim & Ismail) hendaknya menjadi teladan bagi orang beriman. Sebab sikap mental taat ini akan menjadikan seseorang menjadi dekat dengan Robb-Nya. Dekat dengan Allah SWT penciptanya. Mereka yang taat akan diberikan pahala yang besar dan kedudukan yang tinggi di sisinya.
Alangkah Nikmatnya menjadi hamba yang taat, dan mau berkorban dengan kedua sikap itu, karena hal itu menjadikan hati menjadi tenang dan damai. Diperintah sholat kita sholat, diperintah sedekah kita sedekah, diperintah berjuang kita berjuang, diperintah berkurban kita berkurban dan lain sebagainya.
Ketaatan keluarga Ibrahim kepada perintah Allah akan sealu dikenang sepanjang zaman. Setiap musim Haji seperti sekarang ini jutaan Ummat manusia mengenang sejarah pengorbanan keluarga yang taat itu. Ibrahim dan keluarganya adalah teladan sepanjang zaman. Bagaimana mendemonstrasikan ketaatan sebuah perintah tuhanNya.
Karenanya di bulan Haji ini, di hari raya Idul Adha bagi kita yang mampu mari kita buktikan ketaatan kita dengan berkorban, menyembelih seekor kambing atau sapi sebagai bukti melaksanakan perintah Allah SWT. Dengan demikian maka Allah akan memberikan bantuan dan pertolongannya kepada kita. Menambah nikmat-Nya serta menjadikan kita sebagai hamba yang pandai bersyukur.
Firman Allah SWT.
Sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak maka dirikanlah sholat karena tuhanmu dan berkorbanlah.” (QS> AL Kautsar 1-2)

0 komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template