Rumahku Penuh Kedamaian

Diposting oleh Buletin Ar-Risalah | 11/06/2008 | | 0 komentar »

Dari Abdullah bin Amr bin Ash RA. Rosulullah SAW sungguh telah bersabda :

“ Dunia ini laksana perhiasan dan sebaik – baiknya perhiasan adalah istri yang sholehah.” (HR. Muslim)

Sebagai ikhtiar untuk meraih derajat sholehah, tips ini sangat diperlukan bagi seorang istri.
1. Memperteguh rasa Iman kepada Allah dan Rasulnya. Perlu kita biasakan membangun nuansa senantiasa takut akan siksaan di akhirat bila menjadi istri durhaka. Ketika keyakinan pada hari akhirat selalu ada dalam diri seorang istri dan suami maka keluarga soleh & solehah akan dicapai.

2. Membekali diri dengan Ilmu.
Istri senantiasa hadir dalam majelis taklim, selalu mempelajari Al Qur’an dan hadis Nabi melalui ustadz-ustadzah dan suami yang memahami agama. Mendengarkan, mengikuti kajian-kajian keislaman dan mentaati ajaran Allah dan RosulNya.

3. Selalu berbuat ikhlas.
Seorang istri yang sholehah selalu ikhlas memberi pelayanan pada suami dan anak-anaknya. Istri Nabi Muhammad Saw seperti Siti Khadijah & Aisyah, meskipun dari sisi finansial sangat kaya, namun selalu berprasangka baik pada Nabi serta patuh dan taat padanya. Siti Aisyah walaupun muda tapi selalu ridho dan ikhlas atas perintah baginda Nabi SAW.

4 Ketika kita menemukan kekurangan pada pasangan, kita kembalikan ingatan kita bahwa ternyata kebaikanya jauh melebihi dari kekuranganya. Dan kita memohon kepada Allah mudah-mudahan segala kebaikan maupun kekuranganya semuanya membawa barakah dalam kehidupan keluarga.

5 Membiasakan hidup bersahaja, sebagaimana pola hidup Rosulullah SAW beserta istri-istri beliau. Karenanya bila para muslimah berazam atau bertekat mengikuti gaya hidup isteri-isteri Roasulullah SAW, Insyaallah akan menjadi istri yang sholehah dan menadapat ridho Allah SWT.

Inilah beberapa tips yang InsyaAllah akan mengantarkan keluarga kita penuh kedamaian, mawaddah wa rahmah. Selamat memulai, maka terwujudlah syurga dunia dan akhirat. Wallahu a’lam bis showab.




0 komentar

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template